Posted by : Unknown Jumat, 17 April 2015

 


 Yogyakarta memang terkenal sebagai kota pelajar. Namun disamping itu juga dikenal sebagai lokasi wisata yang bersejarah. Kota ini jelas mampu membuat para turis merindukan suasana kota Gudeg tersebut. Kearifan buadaya lokal yang berada di tengah zaman modern membuatnya tampak unik dan menarik. Anda akan merasakan pengalaman menarik saat bertandang di Yogyakarta dan menjelajahi budaya jawa yang masih dipertahankan.
Banyak sekali lokasi menarik dari kota Sang Sultan ini, diantaranya yang cukup popular adalah Jalan Malioboro. Jalan dengan panjang sekitar 2,5 km yang membentang dari Tugu Yogyakarta sampai hingga Kantor Pos Yogyakarta ini tak pernah sepi wisatawan setiap harinya. Jalan ini sangat dekat dengan garis imajiner yang menghubungkan antara pantai parangtritis, Keraton Yogyakarta serta Gunung Merapi.
Menurut sejarah, Dahulu jalanan ini sangat sepi dengan banyak pohon asam rimbun di tepinya. Warga akan melewati jalan ini ketika ingin menuju ke keraton, Benteng Vredeburg atau ke Pasar Beringharjo.




Nama Malioboro masih menjadi perdebatan, pertama ada yang mengatakan berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “karangan bunga”. Ini terlihat pada sepanjang jalan yang dulunya banyak karangan bunga tiap kali ada acara keraton atau hajatan. Sedangkan ada pendapat lain yang mengatakan bahwa nama jalan diambil dari nama seorang bangsawan inggris yakni Marlborough yang tinggal di Yogyakarta pada tahun 1881 sampai 1816.
Namun yang jelas jalan ini begitu populer di kalangan wisatawan domestik maupun wisatawan internasional. Pada sepanjang jalan ini anda akan menemukan berbagai macam oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa anda beli. Beragam souvenir khas seperti kaos, blankon, batik, sandal, kerajinan tangan, bakpia patok hingga jajanan Yogyakarta.
Bagi anda yang suka dengan wisata kuliner bisa juga mencicipi berbagai jajanan yang ditawarkan pedagang kaki lima. Bisa anda mencicipi nasi gudeg di Yogyakarta atau minuman es dawet dengan rasa legit gula merah dan paduan kental nan gurih santan kelapa.
Begitu menariknya jalan malioboro dengan berbagai macam keindahan budaya dan kulinernya. Serta dipadu dengan banyaknya pengamen jalanan yang berjiwa seniman dengan suara yang tidak kalah merdu dengan para artis papan atas. Semua itu akan membuat anda begitu jatuh cinta pada lokasi ini. ^BD

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Translate

- Copyright © Eko Indrawan Blog -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed Creative by Eko Indrawan Diskominfo -